Dosen-dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) lulus dalam Sertifikasi Dosen Gel-0 dan Gel-1 tahun 2023.

Dosen-dosen yang lulus dalam sertifikasi dosen tersebut antara lain Aqodiah, M.Pd.I dan Mustapa Ali, M.Pd yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Endang Rahmawati, M.Kom.I dosen Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Ahadiah Agustina, SE.Sy.,M.E dosen Prodi Ekonomi Syariah (Eksyar) FAI UMMAT.

Sekilas Tentang Sertifikasi Dosen

Sertifikasi dosen merupakan proses pengakuan dan pengesahan kualifikasi serta kompetensi seorang dosen dalam melaksanakan tugas pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sertifikasi dosen biasanya dilakukan oleh lembaga atau otoritas yang berwenang dalam bidang pendidikan tinggi di suatu negara.

Tujuan dari sertifikasi dosen yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dengan memastikan bahwa para dosen memiliki kualifikasi yang memadai, kompetensi yang relevan, dan kemampuan yang memadai dalam melaksanakan tugas-tugas mereka. Sertifikasi dosen juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dosen, mendorong pengembangan pribadi dan akademik mereka, serta meningkatkan mutu pengajaran dan penelitian di perguruan tinggi.

Proses sertifikasi dosen umumnya melibatkan beberapa tahap, seperti pengumpulan bukti-bukti kualifikasi akademik, pengalaman mengajar, dan penelitian yang relevan. Dosen juga biasanya diharuskan untuk mengikuti program pelatihan atau kursus untuk meningkatkan kompetensi mereka. Selain itu, ada juga evaluasi atau penilaian kinerja yang melibatkan penilaian dari sesama dosen, mahasiswa, atau pihak eksternal.

Manfaat dari sertifikasi dosen adalah bahwa perguruan tinggi dapat memastikan bahwa dosen yang dipekerjakan memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai. Dosen yang bersertifikat juga diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang metodologi pengajaran yang efektif, memiliki kemampuan penelitian yang baik, dan dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian.

Kirim pesan
test
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Silahkan Kirim Pesan Jika ada yang ingin dtianyakan