Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) melaksanakan kegiatan pembekalan dan pelepasan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Selasa, 02 Januari 2024.

Praktik kerja lapangan (PKL) atau yang biasa juga dikenal dengan istilah magang merupakan bagian integral dari program pendidikan. PKL Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan teori-teori yang telah dipelajari di dalam kelas ke dalam konteks dunia nyata, Membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan praktis yang diperlukan dalam dunia kerja. selain itu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami lebih lanjut tentang dunia kerja dan membangun kompetensi profesional yang diperlukan dalam karier mereka, membantu mahasiswa memahami prosedur dan kebijakan kerja yang berlaku dalam lingkungan kerja ekonomi syariah, termasuk etika bisnis dan aspek-aspek lainnya serta Memberikan kesempatan untuk membangun jaringan profesional dan mengembangkan hubungan dengan para praktisi dan para profesional.

Lalu apa manfaat Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa (khususnya mahasisw prodi Ekonomi Syariah)?

Mahasiswa mendapat Pengalaman Kerja, memberikan pengalaman nyata di lapangan yang dapat menjadi nilai tambah pada CV mahasiswa, meningkatkan daya saing di pasar kerja.

Mahasiswa mendapat Pemahaman Mendalam tentang Industri, termasuk dinamika pasar, tren, dan perubahan yang terjadi.

Berorientasi Karier, yaitu membantu mahasiswa untuk mengidentifikasi minat dan kemampuan mereka dalam konteks dunia kerja ekonomi syariah, sehingga dapat membantu mereka merencanakan karier di masa depan.

Meningkatkan kemampuan komunikasi, bekerja sama dalam tim, keterampilan kepemimpinan, dan kemampuan beradaptasi mahasiswa, yang sangat diperlukan dalam dunia kerja.

Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerima umpan balik langsung dari praktisi di lapangan, yang dapat membantu mereka dalam proses belajar dan pengembangan pribadi.

Memperkenalkan mahasiswa pada budaya organisasi dan tata nilai yang berlaku di pasar/industri/perusahaan

Dengan melibatkan diri dalam praktik kerja lapangan, mahasiswa ekonomi syariah khususnya dapat mengoptimalkan persiapan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja setelah lulus.

Kirim pesan
test
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Silahkan Kirim Pesan Jika ada yang ingin dtianyakan